+4 vote
37 tayangan

Halo, saya menemukan permintaan untuk workshop clean code. Mungkin karena keterbatasan waktu, workshop ini belum bisa dilaksanakan dalam waktu dekat.

Mari kita belajar tentang clean code dimulai dari jawaban di bawah. Tolong teman-teman membagikan pengalamannya dalam penerapan clean code ini. Terimakasih!

dalam Programming oleh  Dermawan Berbageek (1k poin)
ditampilkan ulang oleh | 37 tayangan

2 Jawaban

+2 vote
Jawaban terbaik

Untuk bisa menulis code dengan bersih, tiga hal yang perlu dilakukan adalah:

  1. Pahami (minimal tahu, karena paham bisa dengan berjalannya waktu) prinsip clean code itu apa saja
  2. Lakukan perbaikan secara perlahan dan konsisten. Tidak perlu langsung memperbaiki code-code lamamu.
  3. Ketika sudah memegang suatu prinsip, pegang terus sampai ada prinsip yang lebih baik tetapi tidak perlu berdebat dengan orang lain yang memiliki prinsip berbeda.
Disarikan dari https://medium.com/mindorks/how-to-write-clean-code-lessons-learnt-from-the-clean-code-robert-c-martin-9ffc7aef870c yang juga mensarikan dari buku Clean Code karya Robert C. Martin, secara umum prinsip dasar clean code antara lain:
  1. Penamaan yang baik
    Baik itu nama class, functions maupun variable harus bisa menjelaskan maksud dan penggunaannya. Panjang namanya pun kalau bisa sependek mungkin. Seberapa pendek? Gunakan rumus jika ada nama lain dengan maksud dan tujuan sama yang lebih pendek dari nama yang digunakan, maka nama yang digunakan terlalu panjang.
  2. Code yang ringkas baik itu functions ataupun class
    Ada yang menggunakan rumus satu baris code untuk setiap block code (if, function, for), ada yang menggunakan rumus jika perlu scroll layar/IDE untuk melihat satu sequence code (misal function), maka perlu diringkas.
  3. Adanya komentar yang menjelaskan code menandakan code Anda belum cukup jelas
    Sequence code Anda harus bisa menjelaskan dengan sendirinya tanpa perlu diberi komentar.
  4. Hindari duplikasi code/function/class
    Selalu cari hotspot dari code-code Anda yang bisa di-reuse.
oleh  Kawan Berbageek (890 poin)
dipilih oleh
+1 vote

Salah satu quote dar Martin Fowlwer:

Any fool can write code that a computer can understand. Good programmers write code that humans can understand.

Petikan dari buku Clean Code:

Even bad code can function. But if code isn't clean, it can bring a development organization to its knees. Every year, countless hours and significant resources are lost because of poorly written code. But it doesn't have to be that way.

Sebelum bertanya bagaimana caranya, coba kita bertanya dulu, kenapa harus clean code?

Semua organisasi sepakat, sebuah kode akan lebih sering dibaca dibanding ditulis. Anda, programmer, butuh 1 jam untuk menulis satu buah fungsi. Dalam jangka waktu 1 tahun kedepan, bisa jadi fungsi yang Anda tulis dalam sejam tadi akan dibaca oleh programmer lain (atau oleh Anda sendiri) berjam-jam lamanya. Lama . atau sebentarnya waktu untuk membaca (dan memahami), menunjukkan cleanliness kode Anda.

Dalam sebuah organisasi, programmer akan datang dan pergi. Kode dari programmer A, akan diserahterimakan ke programmer B, lalu ke programmer C, dan seterusnya. Proses ini bisa bertahun-tahun (tergantung skala organisasi) berjalan, dimana kodingan dari banyak tangan semakin terakumulasi dalam satu "codebase". Pernah mengalami "wtf moment" ketika melihat legacy code dari proyek yang harus Anda maintenance? Itu sesuai yang lumrah. Jangankan beda programmer, seorang programmer saja bisa "terpesona" melihat kodingannya sendiri 3 bulan yang lalu.

Melihat kondisi di atas, maka clean code merupakan sesuatu yang penting untuk jangka panjang. Dalam jangka pendek, menulis kode yang clean mungkin butuh waktu tambahan dan terkadang harus dibenturkan dengan deadline proyek. Tapi tidak menulis secara clean, bisa dipastikan tim developer akan menderita dalam jangka panjang.

Untuk itu, selain "skill" (tahu cara menulis kode secara clean), juga dibutuhkan ketahanan yang kuat agar tetap bisa clean meskipun dalam tekanan (deadline). Ketika clean ini sudah menjadi habit, maka yang untung bukan hanya Anda sendiri, tapi juga organisasi dan generasi setelah Anda.

oleh  Dermawan Berbageek (1.8k poin)
Selamat datang di Berbageek! Berbageek adalah tempat berbagi pengetahuan programming, ui/ux design, digital marketing & project management dengan konsep tanya-jawab. Sehingga kita bisa menciptakan solusi lebih cepat dan lebih baik. Berikut adalah rule untuk bertanya:
  1. Jangan duplikasi pertanyaan. Dicari dulu pertanyaan yang serupa.
  2. Buatlah pertanyaan yang generik. Tidak boleh bertanya spesifik menyebutkan nama proyek atau nama perusahaan.