+1 vote
26 tayangan
1. Apa ide awal yang menginisiasi lahirnya Berbageek?

2. Secara konsep, Berbageek mirip dengan Stackoverflow. Lalu, apa yang membedakan?

3. Apa alasan maintainer Berbageek tetap me-maintain Berbageek, padahal sudah ada Stackoverflow dengan community yg sudah sangat kuat?

4. Jika membuka kesempatan, dimana dan bagaimana kah Berbageek akan membagikan informasi kesempatan untuk melakukan volunteer/intern/part-time/freelance di Berbageek?
dalam General oleh | 26 tayangan

1 Jawaban

+1 vote
Berbageek lahir untuk mewadahi berbagi (transfer) pengetahuan antara pembelajar digital & praktisi digital (programmer, designer, etc) di Indonesia untuk menciptakan solusi pekerjaan lebih cepat dan lebih baik. Kita merasakan ada gap antara pendidikan digital di institusi pendidikan dan industri digital di Indonesia. Berbageek juga dibutuhkan untuk melengkapi kekurangan aplikasi telegram, google dan stackoverflow.

1. Kenapa tidak Telegram? Butuh sebuah arsip database pertanyaan-jawaban ilmu digital yang bisa dibaca oleh orang banyak. Ketika pertanyaannya sudah terjawab di Berbageek diharapkan pengguna lain tidak menanyakan hal yang sama berulang kali.

Kenapa tidak Google? Google punya akses data dari berbagai web manapun. Sehingga pengguna bisa sangat cepat menemukan hal yang dia cari. Namun ada 1 kelebihan dari Berbageek. Pengguna bisa punya beragam jawaban dari berbagai sudut pandang praktisi digital secara langsung. Google mungkin bisa menampilkan apa yang kamu cari, tapi seringkali bukan dari siapa yang kamu kenal. Di Berbageek, pertanyaanmu bisa dijawab langsung oleh rekan satu perusahaanmu, rekan satu universitasmu, bahkan kamu bisa menjawab pertanyaan kamu sendiri.

Kenapa tidak Stackoverflow? Pertama, Stackoverflow tidak punya versi bahasa Indonesia. Kedua, Stackoverflow hanya bisa bertanya tentang Programming. Ketiga, kultur programmer/praktisi digital luar negeri dan Indonesia berbeda.

2. Beragam Kategori Digital (programming, design, project management, marketing, etc). Bersahabat, cepat, dan tepat. Berbahasa Indonesia.

3. Ada strategi bisnis yang istimewa yang akan saya lakukan untuk Berbageek, tapi itu masih rahasia. sssttt...

4. Jika kamu tertarik untuk volunteer/intern/part-time/freelance di Berbageek, kamu bisa kirimkan CV dan Portofoliomu di [email protected] dengan judul: Volunteer/intern/part-time/freelance Berbageek
oleh  Dermawan Berbageek (1.6k poin)
Selamat datang di Berbageek! Berbageek adalah tempat berbagi pengetahuan programming, ui/ux design, digital marketing & project management dengan konsep tanya-jawab. Sehingga kita bisa menciptakan solusi pekerjaan lebih cepat dan lebih baik. Berikut adalah rule untuk bertanya:
  1. Jangan duplikasi pertanyaan. Dicari dulu pertanyaan yang serupa.
  2. Buatlah pertanyaan yang generik. Tidak boleh bertanya spesifik menyebutkan nama proyek atau nama perusahaan.