0 vote
8 tayangan
Suatu saat seseorang memiliki ide yang bisa dikatakan baik dan cemerlang. Namun, ide itu terkadang hilang dan tidak dapat terealisasi. Apakah dan bagaimana cara untuk dapat menjaga ide agar dapat diterapkan secara baik dan benar ? Selain itu, apa tips dan trik yang bisa digunakan atau diterapkan untuk merealisasikan ide tersebut secara bertahap, yaitu sedikit demi sedikit  ?

Terima Kasih jawabannya :)
yang lalu dalam General oleh  Kawan Berbageek (286 poin) | 8 tayangan

1 Jawaban

0 vote

Validitas sebuah ide itu perlu di uji. Ide cemerlang itu selalu berubah sepanjang waktu. Dahulu mungkin orang-orang hanya cukup sebuah kuda untuk berpergian. Sekarang, orang-orang telah meninggalkan kuda beralih ke jet plane atau electric car. Ide akan mengikuti kepuasan manusia yang hampir tidak ada batasnya. Dalam istilah marketing, ada namanya customer satisfication (kepuasan pelanggan).

Kembali ke bagaimana ide tetap bisa terjaga agar ide itu bisa diterima. Pengujian ide bisa menggunakan metode bernama Lean Startup. Startup seperti Gojek, Tokopedia, dsb umumnya menggunakan metode ini. Tahapannya seperti ini:

1. Learn get Idea,

2. Build with Code,

3. Measured with Data.

4. Learn again!

https://spin.atomicobject.com/wp-content/uploads/ValidatedLearningLoop.png

Penerapan Lean Startup ini akan meminimalisasikan resiko kegagalan startup karena idenya tidak dibutuhkan. Banyak startup berpikir idenya adalah hal yang diinginkan orang lain. Mereka mengembangkan sebuah ide menjadi produk dalam waktu yang lama, dengan banyak fitur. Tanpa memberi kesempatan orang lain untuk menguji ide itu. Lebih baik cepat gagal, lalu kita belajar dari kegagalan itu dan membuat ide baru yang lebih baik. Ketimbang gagal belakangan, dan menjadi masalah menjadi besar, itu akan lebih susah untuk disolusikan.

yang lalu oleh  Dermawan Berbageek (1.6k poin)
Selamat datang di Berbageek! Berbageek adalah tempat berbagi pengetahuan programming, ui/ux design, digital marketing & project management dengan konsep tanya-jawab. Sehingga kita bisa menciptakan solusi pekerjaan lebih cepat dan lebih baik. Berikut adalah rule untuk bertanya:
  1. Jangan duplikasi pertanyaan. Dicari dulu pertanyaan yang serupa.
  2. Buatlah pertanyaan yang generik. Tidak boleh bertanya spesifik menyebutkan nama proyek atau nama perusahaan.